Banner

Banner

6.3.11

Makalah Pancasila Etika Terwujudnya Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

ETIKA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT BERBANGSA BERNEGARA BERDASARKAN PANCASILA DAN UUD 1945 DEMI TERWUJUDNYA PANDANGAN HIDUP BANGSA INDONESIA


BAB I
PENDAHULUAN


1.1        LATAR BELAKANG
Pancasila dan UUD 1945 merupakan dasar negara Indonesia yang murni berasal dari negeri itu sendiri, maka sudah selayaknya kita bangga dan patuh dalam malaksanakan atau mengimplementasikan dasar negara kita, agar tercapainya pandangan hidup Bangsa Indonesia yang berdasarkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Pancasila ibarat sebuah bingkai  dari etika kehidupan bangsa Indonesia yang membawa ketertiban, kenyamanan dan keaman dalam bermasyarakat. Pancasila tidak akan ada gunanya jika tidak dilaksanakan secara total.
 Melihat kehidupan di masa sekarang ini, banyak terjadi perilaku-perilaku yang menyimpang dari Pancasila dan UUD 1945 dalam bermansyarakat, berbangsa dan bernegara, oleh sebab itu  itu saya mengambil judul tentang  “Etika Dalam Kehidupan Bermasyarakat Berbangsa Bernegara Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 Demi Terwujudnya Pandangan Hidup Bangsa Indonesia”
Yang akan menjelaskan tata cara dan etika dalam bermansyarakat, berbangsa dan bernegara agar tercapainya pandangan hidup bangsa Indonesia.

1.2        BATASAN MASALAH
Untuk menghidari adanya kesimpangsiuran dalam penyusunan makalah ini, maka penulis membatasi masalah-masalah yang akan di bahas diantaranya:
1.      Pengertian dan arti Etika.
2.      Fungsi Pancasila sebagai dasar Negara.
3.      Pengertian tentang etika-etika kehidupan berbangsa bernegara berdasarkan Pancasila dan Pandangan Hidup Bangsa Indonesia.

1.3        RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.      Apa itu etika?
2.      Bagaimana Pancasila sebagai dasar negara?
3.      Bagaimana etika-etika kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila?

1.4        TUJUAN
Dalam menyusun makalah ini penulis mempunyai beberapa tujuan, yaitu:
1.      Penulis ingin mengetahui arti dari etika.
2.      Penulis ingin mengetahui pancasila sebagai dasar Negara.
3.      Penulis ingin mengetahui bagaimana etika-etika kehidupan pancasilla.
  
1.5        SISTEMATIKA PENULISAN
Dalam penyelesaian penyusunan makalah ini penulis menggunakan study kepustakaan, yaitu penulis mencari buku-buku dan browsing bacaan yang berhubungan dengan Pancasila dan kewarganegaraan.

No comments:

Post a Comment

Please Your Speaking