Cari dengan google

6.3.11

Makalah Tentang Islam dan Politik


BAB I
PENDAHULUAN


1.1        LATAR BELAKANG
Sistem politik adalah suatu bagian yang pasti ada di setiap Negara sistem politik sendiri berfungsi sebagai pengatur dan membuat peraturan untuk dipatuhi oleh seluruh warga negaranya.
Ada beberapa sistem politik  yaitu sistem politik komunis, liberal dan demokrasi dari beberapa sistem politik tersebut masih ada juga sistem politik Islam. Setiap Negara pasti memiliki sistem politiknya masing-masing.
Seperti misalnya Negara Indonesia yang menggunakan sistem politik demokrasi yang berarti sistem tersebut didasarkan pada nilai, prinsip, prosedur, dan kelembagaan yang demokratis
Disini kita akan membahas tentang peranan agama Islam dalam perkembangan politik di dunia saat ini, dengan mengkaji berbagai informasi berdasarkan Al-Qur’an, Al Hadits dan sejarah sistem politik di masa Rasulullah SAW.

1.2        BATASAN MASALAH
Untuk menghidari adanya kesimpangsiuran dalam penyusunan makalah ini, maka penulis membatasi masalah-masalah yang akan di bahas diantaranya:
1.      Pengertian Politik
2.      Pengertian Politik Islam
3.      Sejarah Kepemimpinan Rasulullah

1.3        RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.      Apa itu Politik?
2.      Apa itu Politik Islam?
3.      Bagaimana sejarah kepemimpinan Rasulullah?

1.4        TUJUAN
Dalam menyusun makalah ini penulis mempunyai beberapa tujuan, yaitu:
1.      Penulis ingin mengetahui arti dari Politik.
2.      Penulis ingin mengetahui seperti apa Politik Islam.
3.      Penulis ingin mengetahui seperti apa sejarah kepemimpinan Rasulullah.

1.5        SISTEMATIKA PENULISAN
Dalam penyelesaian penyusunan makalah ini penulis menggunakan study kepustakaan, yaitu penulis mencari buku-buku dan browsing bacaan yang berhubungan dengan Agama Islam, Al-Qur’an dan Al Hadits.




BAB II
PEMBAHASAN



2.1   PENGERTIAN POLITIK
Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik.
[Download]

0 komentar:

Poskan Komentar

Please Your Speaking

Your IP and Google Map location